Ticker

6/recent/ticker-posts

Lebaran Mau Liburan, Begini Tipsnya Supaya Aman

Ilustrasi pemandangan alam di kawasan Bogor Selatan, Kota Bogor. (Foto: Dok. Bogor24.id)




Penulis: Aysha Salsabila
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 sudah mengeluarkan keputusan mengenai larangan mudik Lebaran 1442 H/2021, bahkan kini telah diperpanjang seperti yang tertuang dalam Addendum Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021.

Meski demikian, aturan soal pelarangan ini masih diperbolehkan hanya khusus untuk di kawasan aglomerasi yang mencakup Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Dengan begitu, mudik lokal di antara wilayah tersebut diizinkan di masa pandemi ini.

Namun begitu, mengenai aturan detail soal kegiatan wisata di wilayah aglomerasi ini masih belum dikeluarkan secara resmi khususnya oleh masing-masing kepala daerahnya. Sejumlah faktor dan pertimbangan mungkin menjadi alasannya.

Tapi, bagi Anda yang hanya akan menikmati liburan di masa libur Lebaran tahun ini di dalam kota atau setidaknya di kawasan aglomerasi masih memungkinkan untuk melakukannya. Paling penting adalah selalu mengikuti arahan dan imbauan petugas berwenang serta menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M. Yaitu selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas dan interaksi.

Jika memang ingin liburan, pilihlah destinasi wisata yang tidak terlalu jauh jaraknya dari rumah. Untuk opsi ini bisa memilih destinasi di dalam kota saja. Usahakan juga untuk hanya mengunjungi destinasi wisata luar ruang yang memiliki sirkulasi udara baik seperti di taman, camping ground, kebun, persawahan yang menyajikan ragam keindahan alam.

Alangkah baiknya dan bila memungkinkan untuk membawa perbekalan sendiri dari rumah. Sehingga ketika di destinasi wisata kita bisa piknik makan bersama dengan seluruh anggota keluarga. Ini pun akan mengurangi budget dan higienitas makanan dan minuman yang dikonsumsi lebih terjamin.

Walau sudah ada larangan dari pemerintah, kemungkinan terjadinya kepadatan pengunjung di destinasi wisata tidak bisa terelakkan. Meski para pengelola destinasi wisata atau tempat hiburan telah menerapkan prokes ketat. Jika seperti itu, ada baiknya mencari lokasi lain yang lebih sepi atau mengatur ulang jadwal liburan Anda. Karena harus diingat, kesehatan dan keamanan seluruh anggota keluarga adalah yang utama di masa pandemi seperti ini. Apalagi bila membawa serta balita, anak-anak dan lansia.

Posting Komentar

0 Komentar