Ticker

6/recent/ticker-posts

Komponen Ini yang Rusak Kalau Malas Cuci Motor

 


(Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman

Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Bukan hanya tidak enak dipandang, kondisi sepeda motor yang dibiarkan kotor terlalu lama terutama setelah diguyur hujan, akan berakibat pada rusaknya sejumlah komponen. Jika dibiarkan terlalu lama tentu akan menimbulkan kerugian lebih besar bagi pemiliknya.

Oleh sebab itu, usahakan supaya sepeda motor yang telah terkena guyuran hujan segera dibilas atau disiram menggunakan air bersih agar sisa air hujan dan kotoran yang menempel di bodi kendaraan terutama bagian kolong rontok.

Mekanik salah satu bengkel resmi sepeda motor pabrikan Jepang di Bogor, Baehaqi menyebutkan, ada sejumlah komponen yang berpotensi rusak apabila membiarkan terlalu lama kotor.

"Bukan cuma suspensi, sistem pengereman dan rantai (model bebek dan sport) pasti lama-kelamaan akan rusak juga. Memang nggak akan langsung rusak, tapi kalau lama didiamkan dalam kondisi kotor akan rusak dan pasti harus diperbaiki yang akan berimbas pada biaya perbaikan yang tinggi atau penggantian dengan komponen yang baru," papar Baehaqi, Jumat (26/3/2021).

Dia menyarankan kepada para pemilik motor untuk selalu merawat kendaraannya, yaitu minimal rajin mencucinya terlebih bila sudah diguyur hujan. Dengan begitu, sambungnya, tunggangan akan selalu dalam kondisi bersih dan prima untuk menunjang aktivitas.

"Rem misalnya, terutama yang cakram. Itu bakalan bikin baret piringannya. Karena sisa air hujan itu biasanya meninggalkan butiran pasir yang halus. Belum lagi kanvas yang juga akan berimbas pada kinerjanya, akan sangat berbahaya bila didiamkan kotor dalam waktu yang lama," jelas Baehaqi.

Begitu halnya dengan suspensi, karena komponen yang satu ini pun harus bekerja ekstra menopang beban motor dan penumpangnya. Cara kerjanya yang naik-turun membuatnya akan rentan bergesekan dengan kotoran yang menempel atau tertinggal di bagian dalamnya.

"Kalau lama-lama dibiarkan kotor, gesekan yang terjadi di suspensi itu akan merusak komponen dan mengurangi usia pakainya. Paling tidak seal-nya akan mengalami kebocoran yang berimbas pada bantingannya yang keras dan tidak nyaman mengendarainya," bebernya.

Posting Komentar

0 Komentar