Ticker

6/recent/ticker-posts

Jaga Fungsi Wiper, Mengemudi Mobil Aman di Waktu Hujan

Mekanik mengganti wiper pada mobil. (Foto: Yudi Effriadi/Bogor24.id)




Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Mengemudikan mobil di waktu hujan membutuhkan perhatian ekstra dan kewaspadaan. Karena, seorang pengemudi wajib memperhatikan faktor internal dan eksternal selama di perjalanan demi terciptanya rasa aman dan nyaman.

Khusus faktor internal dan menjadi bagian penting dari kendaraan terutama ketika berkendara di tengah guyuran hujan adalah wiper. Komponen yang satu ini mempunyai tugas dan fungsi untuk menyapu terpaan air hujan di kaca depan agar visibilitas (pandangan) pengemudi tetap terjaga dengan baik.

Akan repot dan membahayakan bila saat berkendara di tengah hujan, wiper tidak bekerja maksimal atau mengalami kendala. Terlebih bila tengah mengemudikan mobil di jalan tol dengan kecepatan yang relatif lebih tinggi dibanding di jalan arteri.

Mekanik di salah satu bengkel mobil umum di Bogor, Iman menuturkan, sebenarnya mudah untuk merawat wiper dan melihat apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Bahkan hal itu bisa dilakukan sendiri di rumah.

"Kita lihat dulu secara kasat mata pada karetnya, pegang dan rasakan apa sudah terasa keras dan kelihatan getas. Kalau Sudah ada tanda-tanda di atas sebaiknya jangan tunda untuk segera menggantinya dengan yang baru," kata Iman.

Kondisi karet wiper yang sudah keras dan getas tidak saja akan membuat baret di kaca mobil, juga akan turut mengurangi tingkat visibilitas lantaran sapuannya tidak lagi maksimal menghalau air hujan.

"Kalau lama-lama dibiarkan, pasti baret di kaca mobil juga akan semakin dalam. Pasti pandangan pengemudi menjadi terganggu. Biaya buat perbaikan kaca juga jadi lebih mahal. Maka, lebih baik segera mengganti wipernya dengan harga yang jauh lebih murah tidak sampai Rp. 100 ribuan," terang Iman.

Lebih lanjut ia memberikan tipsnya agar karet wiper awet dan berfungsi dengan baik. Dirinya menyarankan agar tidak sering menjemur atau memarkirkan kendaraan di bawah sinar matahari langsung, yang berpotensi akan cepat membuat kerusakan pada wiper.

Ketika akan menggunakan wiper, ia memberi saran supaya tidak langsung mengoperasikannya. Dia memberika saran supaya pengemudi menyemprotkan terlebih dulu cairan pembersih. Hal itu berguna untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel di kaca, sehingga kecil kemungkinan timbulnya baret pada kaca mobil.

Posting Komentar

0 Komentar