Ticker

6/recent/ticker-posts

Dapat Jatah 30 Tahun, PT PGI Bangun Terminal Baranangsiang Mulai 2022


(Foto: Dok. Humas Kota Bogor)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR KOTA, Bogor24.id - Setelah sempat tertunda selama sembilan tahun dan telah melalui pembahasan serta perencanaan yang sangat panjang, Terminal Baranangsiang akan segera dibangun tahun 2022 mendatang. Nantinya akan terintegrasi menjadi kawasan Transit Oriented Development (TOD).

Mengenai pembangunannya, sudah disetujui pola kerja sama atau konsesi antara pemerintah dengan PT Pancakarya Grahatama Indonesia (PGI) kurang lebih mengenai permohonan jangka waktu.

Pertimbangan tersebut dengan konsep sembilan tahun lalu sebelum adanya konsep Light Rain Transit (LRT) dan trem di Terminal Baranangsiang. Sehingga terminal menjadi kawasan TOD di Kota Bogor.

Direktur PT PGI Sumarsono Hadi menjelaskan, pengembangan Terminal Baranangsiang memang sempat tertunda selama sembilan tahun lamanya. Sementara dalam surat keputusan yang lama, PT PGI mendapatkan jatah selama 30 tahun sebagai pemilik hak untuk mengelola terminal.

Namun, karena hingga kini pembangunan Terminal Baranangsiang tak kunjung terealisasi. Sehingga dirinya berupaya untuk menggeser waktu pengelolaan terminal yang mulanya dihitung pada 2012 kini bergeser menjadi 2021.

“Masih terjadi perdebatan hukum, yang awalnya kerja sama ini untuk 30 tahun dimulai dari 2012. Sekarang digeser mulainya di 2022 mendatang,” kata Hadi belum lama ini.

Dia menegaskan, saat ini persoalan tersebut sudah mendapatkan titik terang. Di mana berdasarkan hasil Legal Opinion (LO) dari Kejaksaan Agung (Kejagung), PT PGI mendapatkan jatah untuk mengelola Terminal Baranangsiang selama 30 tahun secara utuh.

"Untuk memulai pembangunan, kami masih menunggu pembaharuan IMB. Pembangunan terminal sendiri secara utuh membutuhkan waktu selama empat tahun. Sehingga ditargetkan dengan penyesuaian IMB rampung, maka pembangunan dapat dilakukan pada tahun 2022 mendatang," paparnya.

Posting Komentar

0 Komentar