Ticker

6/recent/ticker-posts

Bukan Sekadar Sunah, Ini Manfaat Konsumsi Kurma

Ilustrasi buah kurma (Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Banyak tradisi, kebiasaan sampai ritual khas muncul hanya saat di bulan suci Ramadhan. Tak terkecuali dengan aneka menu makanan, minuman hingga buah ada beberapa yang hanya bisa ditemui di bulan puasa ini.

Ada satu buah yang tingkat konsumsinya akan sangat tinggi ketika memasuki bulan puasa, yaitu kurma. Buah yang kebanyakan tumbuh di daerah padang pasir ini bahkan sering dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, seperti halnya sunah Nabi Muhammad SAW.

Dikutip dari berbagai sumber, buah kurma nyatanya membuktikan memiliki banyak manfaat. Tidak saja bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa maupun yang sedang diet.

Inilah sejumlah manfaat kurma untuk kesehatan dan sangat baik dikonsumsi ketika berbuka puasa atau sahur.

1. Kaya nutrisi
Kurma memiliki nutrisi yang sangat baik. Sebab, buah ini kering. Sehingga kandungan kalori kurma lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar lainnya.

Kendati mengandung kalori yang tinggi serat, kurma ternyata juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting. Selain itu, kurma juga memiliki antioksidan yang tinggi, yang berkontribusi pada banyak manfaat kesehatan.

2 . Tinggi serat
Dengan mengkonsumsi satu porsi kurma sekitar 100 gram selama puasa, maka asupan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat meningkat.

Lebih jauh, manfaat kurma selain kaya serat juga memiliki manfat dalam mengontrol gula darah. Sebab, serat dapat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan. Jadi, kandungan kurma sangat baik dikonsumsi setelah makan. Baik saat buka puasa maupun sahur.

3. Antioksidan bantu lawan penyakit
Buah kurma menyediakan berbagai antioksidan yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko beberapa penyakit.

Antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh.

Dibandingkan dengan jenis buah yang serupa, seperti buah ara dan buah prem kering, kurma memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Ada tiga antioksidan penting dan paling kuat yang terkandung dalam satu buah kurma.

4. Meningkatkan fungsi otak
Mengkonsumsi buah kurma baik saat puasa, diet atau setiap hari juga dapat bermanfaat baik bagi kesehatan otak.

Kurma bermanfaat untuk menurunkan gejala inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6) pada otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

Selain itu, penelitian pada hewan juga menunjukkan manfaat kurma dalam mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di otak. Sebab, ketika plak menumpuk di otak dapat menyebabkan terganggunya komunikasi antara sel-sel otak yang pada akhirnya menyebakan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer.

5. Meningkatkan potensi persalinan normal
Dalam studi yang dilakukan pada 69 wanita hamil yang mengkonsumsi 6 buah kurma per hari selama 4 minggu sebelum hari persalinan, menunjukkan 20 persen kemungkinan untuk melahirkan secara normal.

Studi lain juga menunjukkan, 154 wanita hamil yang mengkonsumsi kurma kemungkinan untuk mendapatkan induksi saat persalinan sangat kecil dibandingkan mereka yang tidak makan kurma.

Kurma diketahui mengandung tanin, yang merupakan senyawa yang terbukti membantu kontraksi secara alami. Kurma juga merupakan sumber gula alami dan kalori yang baik yang diperlukan ibu hamil untuk mempertahankan energinya selama persalinan.

6. Pemanis alami
Fruktosa adalah jenis gula alami yang banyak ditemukan dalam buah dan kandungan tertinggi pemanis alami ini ada pada kurma.

Jika saat berbuka puasa dianjurkan untuk makan-makanan yang manis, kurma adalah buah yang tepat karena mengandung pemanis alami yang baik untuk tubuh.

Kurma memiliki rasa seperti karamel yang halus. Kurma menjadi pengganti gula yang sehat, yang kaya akan serat dan antioksidan baik bagi tubuh.

Penting untuk dicatat, meskipun kurma tinggi serat dan kaya nutrisi, namun kalorinya masih cukup tinggi. Sehingga paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.

7. Untuk kesehatan tulang
Salah satu manfaat kurma dengan kandungan fosfor di dalamnya yang dinilai baik bagi kesehatan tulang. Selain fosfor, kandungan mineral lain yang dimiliki kurma yakni kalium, kalsium, dan magnesium.

Semua potensi yang terkandung dalam kurma ini telah dipelajari dalam mencegah kondisi terkait tulang seperti osteoporosis. Kurma telah diklaim memiliki beberapa manfaat kesehatan lain yang belum diteliti secara luas.

Kendati demikian, mengkonsumsi kurma saat buka puasa maupun sahur atau saat diet ternyata memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Posting Komentar

0 Komentar