Ticker

6/recent/ticker-posts

Bukan Cuma Bodi, Kabin Mobil Juga Harus Dibersihkan

Ilustrasi bagian dashboard mobil yang bersih. (Foto: Donni/Bogor24.id)




Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Menjaga kebersihan mobil menjadi kewajiban bagi setiap pemilknya. Bukan hanya bodi dan bagian eksteriornya saja yang diperhatikan, tapi justru bagian kabin (interior) mesti mendapatkan perhatian.

Bahkan porsi untuk melakukan perawatan atau pembersihan kabin mobil mesti jauh lebih ekstra. Pasalnya, ini menjadi kunci perjalanan yang nyaman dan menyehatkan. Karena, di dalamnya berpotensi menumpuk beragam kotoran seperti debu yang berada di balik kisi-kisi ac, plafon dan karpet mobil yang berasal dari alas kaki penumpangnya.

Pemilik salon mobil Alditama kepada Bogor24.id menjelaskan, seperti halnya bagian eksterior bahwa kabin wajib dibersihkan secara berkala. Bahkan, frekuensinya mesti lebih sering. Apalagi bila kendaraan setiap hari digunakan.

"Tentu ini harusnya menjadi kegiatan rutin setiap pemilik mobil dalam menjaga kebersihan kabin untuk mendapatkan kualitas udara yang baik dan bersih, terlebih bila mobil digunakan setiap hari dan kerap membuka kaca jendela ketika di perjalanan seperti merokok misalnya," papar Aldi, Sabtu (24/4/2021).

Melakukannya pun tidak sulit dan memakan banyak waktu. Ia menyebutkan, hanya diperlukan peralatan yang ada di rumah dan waktu pengerjaan paling lama 30 menit.

"Cukup sediakan kuas kecil, sikat gigi bekas, cotton bud, air, lap chamois dan kain microfiber. Untuk penunjangnya bisa menyiapkan juga body lotion untuk membersihkan bagian dashboard dan komponen berbahan plastik lainnya," terang Aldi.

Hal pertama yang dilakukan, imbuhnya, yaitu mengeluarkan karpet dan mencucinya sampai bersih. Lalu dijemur hingga kering. Baru kemudian menyedot debu di karpet dasar menggunakan mesin vacum. Bila tidak ada, bisa juga hanya menggunakan sapu dan kuas.

"Kalau bagian dasar kabin selesai baru melanjutkan pembersihan bagian jok, sabuk pengaman, dashboard dan beragam instrumen yang ada di kabin termasuk doortrim dan kisi-kisi ac. Untuk tahap pertama bisa menyekanya dengan lap chamois baru finishing pakai kain microfiber sambil memolesnya menggunakan body lotion yang sudah disiapkan," ungkapnya.

Selama mengerjakannya, Aldi menyarankan agar semua pintu mobil dibuka. Ini dimaksudkan agar debu tidak terjebak kembali di dalam kabin.

"Untuk membersihkan bagian interior ini lakukan secara berkala, minimal seminggu sekali tergantung intensitas pemakaian kendaraan dan rute yang dilalui. Kalau hanya di dalam kota saja rasanya kabin cukup dibersihkan minimal dua minggu sekali. Kecuali karpet karena posisinya di bawah dan selalu diinjak alas kaki, maka ini harus setiap hari selepas mobil digunakan," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar