Ticker

6/recent/ticker-posts

Bukan Cuma Bersih, Cuci Mobil juga Harus Sampai Kering

Ilustrasi mobil bersih (Foto: Donni/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Aktivitas mencuci mobil kesayangan bisa dilakukan seorang diri tanpa harus pergi ke tempat pencucian. Lain cerita bila kendaraan sangat kotor dan bagian kolongnya perlu dibersihkan.

Tapi jika ingin mencuci mobil sendiri, harus memperhatikan sejumlah hal terlebih dahulu. Ini tidak lain agar mobil kesayangan bersih maksimal dan pastinya lebih terawat.

Pemilik salon mobil Alditama kepada Bogor24.id menuturkan, ketika mencuci mobil usahakan tidak dibawah sinar matahari langsung. Bila memang terpaksa di siang hari yang terik pun sebaiknya dilakukan di tempat yang teduh seperti garasi atau bangunan beratap lainnya.

"Karena bila kita menyiram air apalagi bercampur dengan cairan khusus pencuci mobil dan terkena paparan sinar matahari, bila dibiarkan agak lama akan menimbulkan bercak noda terutama di bagian kaca. Lama kelamaan akan menimbulkan jamur," terang Alditama, Kamis.(8/4/2021).

Ketika menyemprot kendaraan dengan air bertekanan tinggi, hindari bersentuhan langsung dengan sistem kelistrikan mobil untuk menghindari malfungsi atau korsleting. Selain itu, ia menyarankan supaya mencuci dari bagian kolong terlebih dulu.

"Untuk bagian kolong ini harus sangat teliti dan mencucinya dengan sangat bersih, apalagi bagian bawah ini sangat jarang terlihat atau diperhatikan. Maka ada baiknya mencuci mobil dimulai dari bagian bawah dulu," jelasnya.

Setelah selesai, kata Alditama, baru kemudian membersihkan bagian atap dan bodi serta kabin mobil. Keluarkan karpet dan sikat bersih. Begitu juga dengan bagian kabin, bersihkan menggunakan alat penghisap debu. Jika tidak punya, cukup gunakan sapu kecil.

"Bagian terakhir yang tidak kalah pentingnya, lap seluruh bagian kendaraan khususnya di sela-sela pintu, bagasi dan kap mesin dengan chamois. Jangan sampai ada sisa air yang mengendap, karena bila didiamkan lama akan menimbulkan karat. Usahakan juga kendaraan dibawa jalan sebentar, jangan langsung diparkirkan. Ini supaya sisa air yang ada bisa turun," imbuhnya.

Posting Komentar

0 Komentar