Ticker

6/recent/ticker-posts

Bersihkan Rumah, Aktifitas Menyenangkan Kala Puasa

Mengecat bagian dari kegiatan bersih-bersih rumah di sela menjalani ibadah puasa. (Foto: Devina Putri/Bogor24.id)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24 id - Puasa bukan menjadi alasan atau halangan seseorang menjadi bermalas-malasan atau mengurangi aktifitas, tapi di bulan suci ini justru menjadi momen yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Ada satu aktifitas yang bisa dilakukan tanpa harus menguras banyak tenaga dan bahkan cukup di rumah saja, yakni dengan melakukan bersih-bersih baik di bagian interior maupun eksterior.

Keuntungannya tentu saja tidak hanya rumah yang menjadi jauh lebih bersih secara visual dan nyaman bagi penghuninya, tapi kegiatan itu akan membuat tubuh tetap bergerak dan menjalani puasa pun menjadi tidak terasa.

Sebelum mulai melakukannya, kita bisa mengajak serta anggota keluarga yang lain. Bukan hanya akan meringankan pekerjaan, tapi ada poin penting dari aktifitas itu yang tak lain adalah adanya kebersamaan dan rasa memiliki dari seluruh penghuni rumah.

Dari bagian interior misalnya, kita bisa mulai dengan membersihkan lantai dengan menyapu dan mengepelnya. Dilanjutkan dengan menyeka debu yang pasti banyak menempel di furnitur, perangkat elektronik, hingga ke bagian dapur.

Lakukan semuanya secara bertahap, misal dengan memulainya dari bagian depan rumah dan bagian atas. Setiap bagian ruangan jangan sampai terlewat termasuk kamar mandi dan kamar tidur. Baru kemudian untuk bagian bawah yaitu lantai. Dengan demikian hasilnya akan maksimal.

Kemudian bila kita memiliki akurium, mempunyai tanaman atau bahkan hewan peliharaan, ketiganya jangan luput dari kegiatan bersih-bersih.

Untuk akuarium, kita bisa membersihkan dengan cara menguras dan mengganti airnya dengan yang baru dan bersih. Begitu pun dengan tanaman, baik itu tanaman hias maupun jenis lainnya. Periksalah kondisinya, entah itu media tanam atau tanamannya itu sendiri.

Sama halnya juga dengan hewan peliharaan, bersihkan kandang dan hewannya. Selain menyehatkan bagi mereka, bersihnya kandang pun akan berimbas pada sehatnya kondisi lingkungan di rumah kita.

Lanjut ke bagian luar (eksterior), pembersihan bisa dimulai dari jendela, pintu hingga halaman dan garasi (jika ada). Supaya lebih optimal, semprotkan cairan disinfektan di beberapa bagian yang sering disentuh tangan. Seperti tuas pintu, jendela, keran, sampai pintu pagar. Mengingat kita masih berada di masa pandemi.

Tentu jika semua pekerjaan itu selesai akan memberikan kepuasan kepada seluruh penghuni rumah. Tidak saja tempat tinggal yang menjadi jauh lebih bersih, tapi kita pun akan merasa jauh lebih siap menyambut datangnya hari kemenangan pada Hari Raya Idul Fitri nanti.

Posting Komentar

0 Komentar