Ticker

6/recent/ticker-posts

Berkendara Motor Malam dan Hujan, Biker Wajib Perhatikan Ini

Pengendara motor berkendara dalam kondisi hujan. (Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)




Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id - Hujan yang masih terus mengguyur kawasan Bogor dan sekitarnya masih harus terus diwaspadai setiap pengguna jalan, terutama pengendara sepeda motor. Apalagi bila berkendara di waktu malam.

Tidak hanya pandangan (visibilitas) yang terbatas karena minimnya penerangan, mengendarai motor di malam hari saat hujan pun memiliki risiko lebih tinggi dalam hal keselamatan berkendara.

Oleh karena itu, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan setiap pengendara motor sebelum memulai perjalanan di malam hari dalam kondisi hujan.

Hal pertama tentu adalah stamina, karena ini menjadi faktor penting dalam terciptanya kenyamanan dan keamanan berkendara. Jangan pernah memaksakan bila kondisi tubuh sedang tidak fit untuk tetap mengendarai motor. Tidak hanya akan meningkatkan risiko fatalitas kecelakaan yang mengancam diri sendiri, tapi orang lain. Karena, mesti diingat juga jika jalanan bukan milik pribadi. Namun juga ada pengendara atau pengguna jalan lain.

Berikutnya adalah kondisi motor. Pastikan jika semua komponen berfungsi dengan normal dan dalam keadaan baik. Mulai dari kelistrikan, fungsi pengereman, lampu-lampu hingga ban. Jangan sampai ada salah satu bagian itu tidak berfungsi yang akan membuat perjalanan tidak nyaman dan membahayakan.

Kemudian sikap waspada. Pasalnya, berkendara membutuhkan konsentrasi penuh. Apalagi bila saat kondisi hujan dan malam yang minim penerangan, yaitu adanya ancaman lubang di jalanan yang saat hujan akan tertutup genangan air yang tentu ini menjadi ancaman.

Belum lagi adanya potensi genangan air di jalan. Oleh karena itu, tidak kalah pentingnya untuk memperhatikan kondisi tersebut dan disarankan mengurangi laju kendaraan. Sebab, hujan yang turun akan membuat jalanan menjadi licin dan potensi gejala aquaplaning yang besar. Terlebih mengendarai motor membutuhkan keseimbangan tinggi.

Terakhir, perhatikan pula gear atau perlengkapan berkendara. Gunakanlah helm yang sudah SNI sebagai syarat mutlak dan satu-satunya pelindung kepala jika terjadi kecelakaan. Lantas jaket dan jas hujan. Tidak saja berfungsi sebagai penghangat, jaket menjadi penghalau cuaca dingin. Pun dengan jas hujan, tentu sesuai fungsinya untuk membuat tubuh terhindar dari terpaan air hujan.

Selanjutnya sepatu, kelengkapan akhir yang harus wajib digunakan setiap biker. Pilihlah sepatu yang nyaman dan menutupi hingga di atas mata kaki. Bila takut kebasahan, bisa memilih sepatu boot berbahan karet khusus untuk berkendara yang dijamin tahan air.

Bisa juga menggunakan cover atau pelindung sepatu produk aftermarket yang sudah banyak tersedia di pasaran, ketimbang lebih memilih memakai sandal jepit yang kerap digunakan banyak pengendara motor. Tidak saja dingin, tapi juga berisiko jika terjadi kecelakaan yang akan menciderai bagian kaki.

Posting Komentar

0 Komentar