Ticker

6/recent/ticker-posts

Amankan Motor dari Incaran Maling, Begini Triknya

Area parkir motor di tempat umum. (Foto: M. Sopiyan/Bogor24.id)




Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id - Motor merupakan salah satu benda atau barang yang selalu menjadi incaran para pelaku kriminal. Kebanyakan motor jenis skuter matik (skutik) target buruan mereka.

Aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) terus berulang setiap hari. Entah pemilik kendaraan yang lengah, apes atau memang para pelakunya yang semakin nekat dan cerdik. Sehingga kasus kriminal yang satu ini selalu menghiasi pemberitaan di media massa dan kerap viral di sosial media.

Meski demikian, masih ada sejumlah trik yang patut dicoba untuk paling tidak dapat meminimalisir terjadinya curanmor. Khususnya menimpa kendaraan Anda. Berikut tipsnya yang dibagikan mekanik bengkel resmi motor pabrikan Jepang, Baehaqi yang dirangkum Bogor24.id.

1. Pakai kunci pengaman tambahan

Sebenarnya imbauan untuk menggunakan kunci pengaman tambahan atau kunci ganda ini seringkali disampaikan pihak kepolisian, termasuk juga para pengelola pusat perbelanjaan, perkantoran hingga institusi pendidikan. Tapi, masih ada saja biker yang mengacuhkannya.

Kunci pengaman tambahan ini sebenarnya cukup ringkas, bisa dipasang di beberapa komponen motor, dan harganya pun cukup bervariasi. Tapi, demi keamanan alangkah baiknya untuk mengeluarkan biaya sedikit lebih besar guna mendapatkan kunci pengaman yang berkualitas dan menyulitkan maling. Ketimbang mengejar harga yang lebih murah dengan kualitas keamanan kurang terjamin, tapi motor yang menjadi aset kita harus raib digondol maling.

2. Kunci setang ke kanan

Meski untuk trik yang satu ini tidak bisa dilakukan untuk semua merek dan jenis motor (termasuk jenis sport), tapi untuk pemilik yang bisa sebaiknya mengunci setang ke sebelah kanan. Dengan cara ini paling tidak akan menyita waktu maling saat melancarkan aksinya. Sebab, biasanya para pelaku menggunakan kunci letter T yang panjang.

3. Gunakan kode rahasia

Jika belum puas, ada sejumlah pemilik motor yang masih menambahkan pengaman tambahan. Umumnya berupa kunci rahasia dengan cara dan kode tertentu. Walau tidak sedikit juga yang memakai alarm. Tentu untuk mengaplikasikan trik yang satu ini diperlukan biaya, tapi tentu soal ini relatif tergantung dari tingkat efektivitas keamanannya.

4. Copot kabel aki

Meski mungkin untuk cara ini akan sedikit merepotkan pemilik kendaraan, tapi dengan trik ini juga dipastikan bakal menyulitkan maling untuk menyalakan motor ketika berhasil membobol lubang kunci kontak. Setidaknya dengan begitu kerugian lebih besar akan bisa ditekan.

5. Selalu waspada

Tidak kalah pentingnya untuk selalu bersikap waspada. Pasalnya, akan selalu ada momen di mana maling ini melancarkan aksi jahatnya. Jika kita akan memarkirkan kendaraan di tempat-tempat umum atau pusat keramaian, pilihlah posisi terdalam dan ada petugas parkir yang menjaganya.

Pun saat menyimpan motor di dalam rumah. Jangan pernah beranggapan sudah merasa aman lantaran pintu sudah dikunci atau pagar rumah sudah digembok. Sebab, harus diingat jika para maling ini terbilang nekat dan berani dalam melakukan aksi kejahatannya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bila dipasangkan kunci pengaman tambahan atau beberapa trik di atas.

Posting Komentar

0 Komentar