Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaatkan Limbah Bambu, Warga Harjasari Buat Ragam Kerajinan Tangan

Seorang warga RT 002/008 Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor sedang menyelesaikan kerajinan tangan bambu di teras rumahnya. (Foto: Donni/Bogor24.id)



Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR KOTA, Bogor24.id - Ada banyak cara dilakukan orang untuk menyalurkan hobi atau sekadar mengisi waktu luangnya, bahkan tidak sedikit justru malah mendatangkan rejeki dari apa yang dilakoninya.

Satu di antara contoh di atas adalah seperti yang dilakukan sejumlah warga yang di tinggal di RT 002/008 Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Dengan ide, kemauan dan sedikit keterampilan yang dimilikinya mereka berhasil memanfaatkan limbah batang-batang pohon bambu menjadi barang bernilai seni dan pastinya bernilai ekonomi. Seperti pot bunga, tempat tisu, tempat alat tulis dan beragam bentuk lainnya berhasil mereka ciptakan.

Adalah Agung Friatna dan Rahmat Sukendar, dua warga yang memang memiliki ketertarikan dan keterampilan dalam hal kerajinan tangan ini. Jauh sebelum membuat beragam barang dari bambu, masing-masing dari mereka memang telah menekuni kegiatan serupa namun dengan bahan baku dan kreasi lainnya.

"Ya, awalnya sih karena sayang saja melihat banyak tumpukan bambu yang dibiarkan begitu saja tidak terpakai di rumah Ketua RT kita. Kebetulan memang Ketua RT juga sudah punya ide yang sama ingin memanfaatkannya, tapi belum terlaksana. Akhirnya saya sama Ketua RT dan satu teman mulai coba membuatnya, dan ternyata berhasil," ungkap Agung, Jumat (19/3/2021).

Menurutnya, tidak terlalu sulit untuk membuat bermacam barang dari batang pohon bambu itu. Terutama aneka benda yang ada di rumah macam mug, tempat tisu dan bingkai foto. Hanya saja, sambungnya, mereka sepakat untuk membuat pot bunga terlebih dulu.

"Selain mudah, sekarang juga lagi tren tanaman hias. Jadi, momen ini kita manfaatkan membuatnya untuk di rumah kita masing-masing dulu. Harapannya sih nanti ketika ada teman atau tamu yang berkunjung ke rumah bisa tertarik dan kita tawarkan produknya. Meski di pasaran banyak pot bunga dari bahan lain dengan macam-macam bentuk, warna dan harga, tapi pot bunga dari bambu ini punya nilai estetika dan kesannya lebih natural," jelas Rahmat Sukendar menambahkan.

Posting Komentar

0 Komentar